Wednesday 26 September 2012

Membuat Voltmeter Digital dengan Mikrokontroler ATmega 8535

Saat ini membuat sendiri voltmeter digital menggunakan mikrokontroler bukanlah hal yang sulit. Karena sekarang banyak mikrokontroler yang sudah dilengkapi dengan fitur ADC internalnya. Salah satunya adalah ATMega 8535, mikrokontroler ini memiliki fitur ADC internal 10 bit yang dapat digunakan untuk membaca sensor-sensor analog ataupun nilai tegangan DC dari 0 hingga 5 volt sesuai dengan tegangan referensinya yang selanjutnya dikonvert menjadi data digital 10 bit. Tidak seperti mikrokontroler AT89S51 dan sejenisnya yang memerlukan ADC eksternal untuk membaca data analog.
Aplikasi ADC Mikrokontroler Untuk Voltmeter


Dengan menggunakan mikrokontroler ATMega 8535 ini kita dapat membuat banyak sekali aplikasi alat ukur. Salah satunya yang paling mudah yaitu membuat voltmeter digital. Pada voltmeter digital ini kita dapat pula menentukan batas ukur maksimal untuk pengukuran tegangan seperti selayaknya voltmeter digital yang banyak di pasaran dengan memberikan suatu rangkaian pembagi tegangan yang memiliki nilai perhitungan yang tepat karena batas maksimal tegangan pada ADC mikrokontroler tersebut adalah 5 volt.

Untuk menentukan keakuratan pengukuran dapat yang harus diperhatikan adalah tegangan referensi yang digunakan dan nilai resistor pada rangkaian pembagi tegangan. Sebaiknya nilai pada tegangan referensi diukur betul dengan alat ukur sebelum dijadikan nilai konstanta yang mengalikan nilai data ADC pada program voltmeter digital, selain itu resistor-resistor pada rangkaian pembagi tegangan haruslah tepat atau dapat diukur terlebih dahulu dan kemudian nilai hasil pengukuran tersebut dapat dimasukkan pada program voltmeter digital sebagai faktor pengali.

Apabila yang ingin mencoba secara simulasi dapat pula dilakukan menggunakan software proteus berikut:
File pendukung:
Catatan: Mikrokontroler yang digunakan bisa diganti dengan ATMega 16 / 32 untuk pengukuran tegangan multichannel karena pada ATMega 8535 memori flash yang digunakan sangat terbatas terlebih lagi jika menggunakan nilai desimal dibelakang koma.

55 comments:

  1. permisi gan, ane butuh source code n simulasinya buat bljr nih... tp pz d donlod kok yg kluar format .exe ....
    bisa minta filenya gan? law boleh kirim ke emailku ini ya... baktir91@gmail.com
    thankx gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. File saya test bs di download, mungkin anda salah pilih click download waktu di ziddu, soalnya terkadang hosting file seperti ziddu banyak
      link download yang serupa download aslinya saya sudah cek ternyata bisa di download dengan click link download yang bentuknya asli jangan link download yang berasal dari iklannya si ziddu (waktu saya test ada 2 link dowmload). mungkin itu saya yang bisa sampaikan. untuk file hex saya lampirkan ke email anda. namun untuk file yang lain anda bisa download sendiri di blog. karena saya sudah lama tidak aktif blog karena kesibukan di pekerjaan saya walaupun masih banyak sekali artikel dan file yang ingin saya share. terima kasih

      Delete
  2. File latihan dan simulasi AVR sudah di email mohon dicek. Maaf mungkin ada perubahan sistem pada website ziddu.com sehingga untuk download mungkin harus instal terlebih dahulu aplikasi yang disediakan oleh ziddu. saya sudah mencoba juga tetapi tetap berhasil download meskipun harus instal terlebih dahulu aplikasi tersebut. terimakasih atas masukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas boleh minta source code n simulasinya??
      ini email ku winnyannisa@rocketmail.com
      terimakasih mas..

      Delete
  3. permisi gan.
    kalau mau ganti ATmega 16 kenapa nilai tegangannya kagak tampil.
    coding nya sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek apakah header dilisting program #include sudah diganti juga? kemudian lakukan set juga di project->configure->compiler kemudian ganti chip mikrokontroler dgn atmega16 dan set (s)prinf Feature dibawahnya dengan float,width,precision komudian apply dan ok. jangan lupa dicompile dan built lg programnya kemudian coba di download kembali.

      Delete
    2. mas bisa kirim sorce codenya mas ke email saya munawirawaw@gmail.com

      Delete
  4. Kepada para pembaca mohon maaf apabila banyak source listing program, gambar dan rangkaian yang tidak dapat ditampilkan seluruhnya, karena banyaknya artikel di blog ini yang sudah banyak di copy paste tanpa menyertakan sumbernya. Ada beberapa yang sudah terdeteksi akan tetapi yang paling banyak di:
    http://warunkilmu.blogspot.com
    http://instrument-asyik.blogspot.com/2012/09/latihan-dasar-mikrokontroler-avr-io.html

    jika ada pembaca yang berminat dengan salah satu artikel harap mencantumkan sumber blog ini, dan apabila memerlukan listing program atau rangkaian dapat melakukan kontak lewat email. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. mas bisa minta skematic sama file hexnya tolong kirim ke emailku,mau aku pasang di psu pc yg ganggur hehehehehe

    trima kasih

    ReplyDelete
  6. mas, minta source code n simulasinya ya
    ke : muh.machfud@yahoo.co.id
    makasih

    ReplyDelete
  7. mas bisa minta simulasi & souce code-nya..??

    htelaumbanua@yahoo.co.id

    tq

    ReplyDelete
  8. mas bisa minta skematic dan pcb layout sama file hexnya tolong kirim ke emailku aryo_cakepzz@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. mas bisa minta simulasi & souce codenya ga?
    Ke elki.muhamad94@gmail.com

    ReplyDelete
  10. tlong kirim simulasi & souce codenya gan ke email : Junanmutamadra@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  11. mas ane minta simulasi ama source codenya dong ke email : adnan.maulanaa@gmail.com

    ReplyDelete
  12. mas ane minta sourcode dan simulasiny

    underclass.raider@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Gan Saya Minta source code dan simulasinya....
    gfahriendi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Gan Minta source code dan simulasinya juga dong
    abdul_r8428@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. mas sy jg mnta tlong kirim kan k email sy source code dan simulasi proteusnya ke ndishandi@gmail.com///// makasih ni sebelumnya

    ReplyDelete
  17. mas mohon bantuan,unutk kirim source code nya dengan simulasi proteus ke yoel_awp@yahoo.com
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  18. mas bisa minta file source code dan simulasinya? karena saya coba download kok tidak bisa ya. tolong dikirmkan ke email saya: dipoelektro10_dyi@yahoo.com.
    terima kasih

    ReplyDelete
  19. Mas Saya Minta source code dan simulasinya beserta skematiknya....
    single_ffa@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  20. mas boleh minta simulasi dan source codenya? ini alamat email saya radhyl_hardgrowl@rocketmail.com
    terima kasih mas

    ReplyDelete
  21. mas saya bisa minta file sorce code nya? saya butuh untuk tugas. tolong kirim ke email dipoelektro10_dyi@yahoo.com. terima kasih.

    ReplyDelete
  22. misi gan, kalo mau buat voltmeter digital untuk 0-20 V dengan adc 10 bit itu gimana ya codingannya ?

    ReplyDelete
  23. gan, bisa minta file sorce code nya?
    email: arkani07@gmail.com

    ReplyDelete
  24. saya minta juga master. gazaliqwerty1@gmail.com

    ReplyDelete
  25. saya juga minta master
    leo.bosthon@yahoo.com

    ReplyDelete
  26. Kirim juga source code ke email saya mas, di ziddu gak bisa.
    ke wayandadangunsri@gmail.com

    ReplyDelete
  27. saya juga... :D fxandy00@gmail.com

    ReplyDelete
  28. mas bisa minta sourcecodenya ke ifancao@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Bos bisa minta source code nya bos ke email saya ardynugraha13@gmail.com

    ReplyDelete
  30. gan,,bisa minta file rangkaian proteus nya gak ?jika bisa tolong kirimkan ke alamat email saya ke fadhliale@gmail.com

    Thanks

    ReplyDelete
  31. gan, bisa minta file sorce code nya?
    email: jjangdl@gmail.com

    ReplyDelete
  32. gan, bisa minta file sorce code nya?
    email: jjangdl@gmail.com

    ReplyDelete
  33. mas bisa minta skematic sama source codenya tolong kirim ke emailku robbyyanwar@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Boss, Bisa Dikirim Ke Email Sy Schematic dan Listing Programnya..
    Ksatria.Malam77@gmail.com

    ReplyDelete
  35. mas bisa minta tolongkirim file rangkaian proteusnya kah beserta source code nya ke alamat: x2lilisseptiana58@yahoo.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  36. boleh minta file rangkaian proteusnya kah beserta source code nya ke alamat: sep4syah@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  37. mas, minta source code n simulasinya dunk Sitio_kevin@yahoo.com
    makasih

    ReplyDelete
  38. mas, boleh minta source code dan simulasinya? karena saya membuat project tentang ini mas, dan udah saya download tidak bisa mas? ini email saya mas radia_retweet@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Mas minta source code dan skematik simulasinya untuk proteus..kirim ke email : liezan.nazeil@gmail.com....thanks_#best_regards

    ReplyDelete
  40. mas boleh minta source code sama simulasinya. tolong kirim dimasagusaditya@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Assalamu'alaykum mas minta source code dan simulasinya mas. ini email saya. ( robi.atp09@gmail.com )

    ReplyDelete
  42. Mas minta source code dan simulasinya mas, ini email saya ( robi.atp09@gmail.com )
    Mkasih Bnyak mas

    ReplyDelete
  43. mas boleh minta source kode sama simulasinya mas, ini simulasi saya ( harrymarpaung21@gmail.com )

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. mas boleh minta simulasi sama source kodenya mas , ini email saya (harrymarpaung21@gmail.com )
    karena saya membuat project tentang ini mas, dan udah saya download tidak bisa mas?

    ReplyDelete
  46. boleh minta source kodenya ?sama simulasinya sekalian.
    husnul.eby@gmail.com

    ReplyDelete
  47. saya minta skematic dan file hexnya mas boyholmes123@gmail.com

    ReplyDelete
  48. Bileh minta source code nya mas ke audric.adriel@yahoo.com

    ReplyDelete
  49. mas boleh minta source kodenya buat latihan di kampus
    alfonsiusargata@gmail.com

    ReplyDelete
  50. mas boleh minta source code dan skematiknya mas?
    ini email saya: wahyu_setya29@yahoo.co.id

    ReplyDelete