Monday 24 September 2012

Ada Sedikit Masalah Pada Downloader USB AVR mk II Untuk Codevision AVR

Apabila kita pengguna laptop yang memiliki hobi bermain-main dengan mikrokontroler mungkin kita lebih memilih sesuatu perangkat yang lebih mudah dan praktis untuk mengisikan program yang telah kita buat ke sistem minimum mikrokontroler AVR. Maka downloader USB adalah piihan yang sangat tepat dan mungkin sudah banyak tersedia dipasaran saat ini. 


Akan tetapi ada sekikit permasalahan yang muncul nantinya, terlebih lagi apabila kita yang sudah terbiasa bermain-main mikrokontroler dengan menggunakan bahasa C yaitu pada Codevision AVR versi 2.05 atau dibawahnya. Mungkin apabila yang sudah terbiasa menggunakan bahasa assembly atau AVR-GCC pada AVR Studio hal ini tidak akan menjadi masalah.  

Apabila kita membeli downloder USB yang sudah beredar di pasaran saat ini mungkin yang akan kita dapatkan adalah downloader USB AVR versi AVRISP Mk II bukan lagi versi STK 500 seperti sebelumnya. Tentunya hal ini akan membuat sedikit permasalahan pada pengguna Codevision AVR yang memerlukan suatu perangkat atau downloader USB tersebut. Karena pada downloader USB Mk II tersebut ternyata memerlukan driver yang harus mengambilnya dari AVR Studio yaitu dengan cara menginstal AVR Studio terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu saat ini Atmel sudah mengeluarkan software untuk mikrokontrolernya yaitu sampai ke versi Atmel Studio 6 yang memperbarui versi sebelumnya AVR Studio 5. Kalau sebelumnya dulu saya telah sering menggunakan downloader AVR USB versi STK 500 untuk Codevision AVR tidak perlu menginstal AVR Studio karena drivernya sudah tersedia sendiri.

Hal tersebut menjadikan permasalahan saat kita hendak mengisikan program kita yang telah dibuat menggunakan Codevision AVR dan kita mengambil drivernya dengan cara menginstal AVR Studio 5 atau Atmel Studio 6. Masalah yang muncul yaitu pada saat pengisian program atau flash program ke mikrokontroler akan terjadi "error", atau bahkan tidak ada respon pada saat proses flash program ke mikrokontroler. Padahal saat dicek  setting programmer pada Codevision AVR driver Mk II sudah ada dan sudah di set, sedangkan pada "device manager" di windows juga sudah muncul dan terinstal normal. Namun setelah kita coba flash program ulang error masih saja muncul saat kita menggunakan codevision AVR, tetapi pada saat kita coba menggunakan AVR Studio 5 atau Atmel Studio 6 tidak ada permasalahan dan  normal-normal saja.

Setelah pusing dicoba berkali-kali menggunakan Codevision AVR tidak bisa-bisa akhirnya dicoba lagi cek pada setting programmer dan memilih USB Mk II ternyata ada peringatan bahwa Codevision AVR ternyata memerlukan AVR Studio versi 4.18 atau sebelumnya. Kemudian saya coba instal AVR Studio versi 4.19 karena hanya itu yang masih saya punya walaupun di laptop saya sudah ada Atmel Studio 6. Setelah itu saya coba lagi menggunakan Codevision AVR dan dicoba di flash program dan ternyata berhasil dan sukses. Berarti saya mendapatkan suatu kesimpulan bahwa apabila kita menggunakan software Codevision AVR dan downloader USB yang kita pakai adalah USB AVRISP Mk II maka kita wajib menginstal terlebih dahulu AVR Studio versi 4.19 atau sebelumnya untuk melakukan pengisian program atau flash program ke mikrokontroler AVR lewat USB meskipun di komputer atau laptop kita mungkin sudah tersedia AVR Studio 5 atau Atmel Studio 6.

Semoga bermanfaat.

1 comment: