Sunday 9 September 2012

Gerbang Logika Dasar

Pada dunia elektronika digital terdapat 3 buah gerbang logika dasar yaitu gerbang AND, gerbang OR dan gerbang NOT. Gerbang logika dasar tersebut memiliki masukan dan keluaran yang berbeda pada tiap gerbang, selain itu fungsi yang dilakukan pada juga berbeda.

1. Gerbang AND
Pada gerbang AND output akan berlogika 1 apabila semua input dari gerbang ini berlogika 1. Dalam hal ini diumpamakan suatu rangkaian memiliki beberapa buah saklar yang dirangkai secara seri, bila semua saklar kondisi terhubung (seperti input logika 1) maka arus listrik baru dapat mengalir (output logika 1) ke dalam rangkaian tersebut, dan seandainya ada salah satu saklar terputus (inpiu logika 0) maka arus listrik dalam rangkaian tersebut akan berhenti (output logika 0). Gerbang-gerbang logika AND ini biasanya terdapat dalam sebuah IC digital deperti TTL dan CMOS seperti: IC 7408, 7411, 7421 (IC TTL) dan IC 4081, 4073,  4082  (IC CMOS)

Simbol dan tabel kebenaran gerbang AND 2 input

2. Gerbang OR
Pada gerbang OR output akan berlogika 1 apabila salah satu input dari gerbang ini berlogika 1. Dalam hal ini diumpamakan suatu rangkaian memiliki beberapa buah saklar yang dirangkai secara paralel, bila salah satu saklar kondisi terhubung (seperti input logika 1) maka arus listrik dapat mengalir (output logika 1) ke dalam rangkaian tersebut, dan seandainya semua saklar terputus (inpiu logika 0) maka arus listrik dalam rangkaian tersebut akan berhenti (output logika 0). Gerbang-gerbang logika OR ini biasanya terdapat dalam sebuah IC digital deperti TTL dan CMOS seperti: IC 7432  (IC TTL) dan IC 4071, 4075,  4072  (IC CMOS)




3. Gerbang NOT
Pada gerbang AND output akan berlogika 1 apabila input dari gerbang ini berlogika 1 atau dengan katalain output merupakan kebalikan dari input. Gerbang-gerbang logika NOT ini biasanya terdapat dalam sebuah IC digital deperti TTL dan CMOS seperti: IC 7404, 7405, 7414 (IC TTL) dan IC 4069, 4049  (IC CMOS)






2 comments:

  1. Terimakasih penjelasanya membantusekali,semoga kedepannya lebilengkap lagi ,sangat membatu untuk ilmu tentang elektronik terimakasih,slam hobi elektro.

    ReplyDelete