Monday 8 October 2012

Belajar Membuat Thermometer Digital LM35


Thermometer saat ini bukanlah alat yang susah ditemukan dan bahkan sering dijumpai, atau mungkin kita dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan komponen elektronika yang sudah ada dipasaran dan murah seperti LM35. Sensor suhu LM35 itu sendiri juga sudah memiliki spesifikasi yang baik 10mv tiap derajat celcius dengan akurasi 0,5 derajat, selain itu sensor tersebut juga sudah linier.

Gambar Sensor LM 35


Dengan berkembang pesatnya teknologi saat ini kita dapat membuat suatu alat ukur suhu atau thermometer secara digital menjadi sangat mudah, mungkin apabila dahulu untuk membuat sensor suhu dengan suatu display penampil kita memerlukan IC ADC atau sebelumnya menggunakan gabungan gerbang-gerbang logika dengan Op-Amp, akan tetapi dengan adanya mikrokontroler apalagi yang sudah dilengkapi ADC dan modul penampil LCD 2x16 kita dapat membuat suatu alat ukur suhu digital menjadi sangat mudah, murah dan cepat. Untuk yang lebih suka  membuat thermometer dengan tampilan besar mungkin dapat pula mengganti display LCD dengan display led seven segmen sehingga penampil akan terlihat lebih besar dan terang yang cocok untuk monitoring suatu tempat yang cukup besar dan luas (mungkin yang satu ini kita bahas lain waktu). Akan tetapi apabila menggunakan modul LCD 2x16 ini kita tidak akan kesulitan dengan membuat program penampil karena pada modul LCD 2x16 sudah dilengkapi dengan memori yang cukup untuk menampung angka dan karakter, sehingga pada pembuatan program tidak akan terlalu rumit terebih lagi sekarang ini membuat programnya juga tidak susah (baca artikel belajar LCD 2x16), berbeda apabila kita menggunakan lampu led seven segmen atau display dot matrix yang memerlukan suatu proses scanning pada tiap led.

Pembuatan alat ukur digital ini dapat pula dicoba terlebih dahulu menggunakan software simulasi sebelum membuat rangkaian alat yang sesungguhnya, sehingga kita dapat melakukan uji coba terhadap program yang telah kita buat secara simulasi. Pada simulasi kita dapat menghubungkan langsung Output dari sensor LM35 ke input ADC0 pada mikrokontroler port A.0 dalam kasus ini yang saya pakai ATMega 8535. Untuk tegangan referensi disini saya menggunakan vref internal yaitu 2,56 volt untuk mendapatkan hasil yang lebih sensitif terhadap kecilnya perubahan tegangan pada output LM35. Akan tetapi adapula yang menambahkan suatu penguat Op-Amp sebelum dimasukkan ke ADC mikrokontroler untuk mendapatkan sensitifitas yang jauh lebih baik dan tentunya harus dihitung pula besarnya penguatan supaya sebanding dengan nilai terukur atau dilakukan kalibrasi alat, Agar nantinya nilai yang terukur akurat dan sesuai dengan thermometer yang sudah ada. Berikut ini adalah contoh simulasi thermometer digital tanpa penguatan Op-Amp yang saya buat semoga bermnfaat dan berguna.


File Pendukung:

1 comment: