Wednesday 27 March 2013

Latihan Dasar PLC Membuat Flip Flop Dengan Timer

Pada umumnya untuk membuat sebuah aplikasi lampu flip flop dapat menggunakan transistor dengan bantuan kapasitor sebagai penentu waktu 'on' dan 'off'. Akan tetapi dalam perangkat yang pengoprasiannya menggunakan suatu program tertentu, aplikasi lampu flip flop ternyata dapat dengan mudah dibuat hanya dengan memanfaatkan fungsi timer sebagai pewaktu. Kalau pada mikrokontroler untuk membuat lampu flip flop hanya memanfaatkan jeda waktu atau delay untuk mengkondisikan on dan off suatu lampu. Tetapi bagaimanakah dengan PLC yang menggunakan diagram ladder. 

Pada PLC untuk membuat suatu program aplikasi lampu flip flop dapat memanfaatkan dua buah timer yaitu timer untuk waktu 'on' dan timer untuk waktu 'off'. Untuk keluaran dapat memanfraatkan kontak hasil dari salah satu suatu timer tersebut setelah selesai dengan batas waktu yang diberikan yang kemudian akan bergantian dengan timer yang lainnya. Kemudian masing-masing timer harus saling berkaitan sehingga saat batas waktu pergantian dapat mereset timer yang lainnya dan hal itu akan berlangsung secara berulang-ulang. Untuk lebih jelas dapat dilihat gambar contoh diagram ladder berikut ini:


Pastikan semua konfigurasi telah sesuai termasuk dengan inisialisasi timer. Pada program timer yang digunakan adalah timer 1 dan timer 2, masukan 000.01 merupakan pemicu untuk menjalanjan program timer pada diagram ladder dibawahnya dan akan aktif apabila berlogika '1'. Untuk keluaran cukup dengan memanfaatkan hasil dari salah satu timer yaitu timer 1 dengan memasangkan pada kontak Normally Open (NO) dan Normally Closed (NC) pada masing masing keluaran (out 1dan out 2) sehingga akan didapatkan suatu kondisi yang berbeda pada masing-masing keluaran. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut saat program dijalankan.

 Gambar PLC untuk aplikasi flip flop saat dijalankan.

Setelah dijalankan klik pada Normally Open (NO) masukan atau mulai dan berilah logika '1' agar proses berlangsung seperti gambar dibawah ini.

 Gambar lader flip flop saat keluaran 1 atau out 1 aktif

Gambar lader flip flop saat keluaran 2 atau out 2 aktif 

Pada masing-masing gambar tersebut terlihat bahwa masing masing timer akan saling bergantian dan dan saling mereset saat batas waktu yang diberikan pada timer tersebut habis.



11 comments:

  1. Thanks atas informasinya gan..
    Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. langsung ak coba teryata sukses gan...mathur thank you ya... ;)

    ReplyDelete
  3. thanks gan infonya,, saya mau langsung coba dengan bentuk rangkaian plc yang di contoh hhi :D

    ReplyDelete
  4. Gan, klo kita buat sistem kayak announciator alarm, gimana gan, misal ketika tekan tombol acknowladge, flip-flopnya berhenti dan lampu terus on
    salam kenal gan Muhammad Aldrin

    ReplyDelete
  5. Gan kalo buat ladder pembuatan kue otomatis gimana

    ReplyDelete
  6. Nuhun mas infona bermamfaat sekali. Mau bertanya klo user minta ada tombol stop, berati bisa ga ya tombol start NO dan stop NC?

    ReplyDelete
  7. Kalau di PLC siemens gimana? Newbie<=

    ReplyDelete
  8. Maaf gan, kalo kita mau membuat program dengan sistem sirkulasi air tapi per periode satu jam sekali, eh sistem on off delay itu gimana ya gan

    Mohon reply ya gqn

    ReplyDelete
  9. Gan, aku mau tanya.., gimana caranya bikin diagram leader kalo tombol S1 ditelan lampu 1 & lampu 2 menyala dan ketika timer itu berhenti berjalan dari 5 detik semua lampu itu mati., tolong cra pembuatannya gimana..

    ReplyDelete
  10. Tombol S1/ON1 ditekan lalu lampu 1 & lampu 2 menyala bersama dan ketika timer berhenti dari 5 detik.., semua lampu mati semua

    ReplyDelete