Saturday 13 October 2012

VU - Meter Led

Untuk para penggemar elektronika terutama audio, VU meter seringkali dijumpai pada perangkat-perangkat seperti, equalizer, amplifier, tape recorder, bahkan sampai mixer audio. Biasanya VU meter ini dijumpai dalam tampilan lampu led yang disusun berderet 1 warna atau lebih. Namun ada pula yang masih menggunakan jarum seperti perangkat-perangkat audio lama. Pada kali ini akan dibahas mengenai cara pembuatan VU meter yang tergolong sangat mudah apalagi untuk kalangan pemula yang hobi elektronika untuk aplikasi audio. Prinsip pembuatannya sangatlah mudah dan sederhana yaitu hanya memerlukan dioda, kapasitor, resistor dan lampu led sebagai penampil. Selain itu adapula yang menambahkan transistor sebagai saklar atau penguat arus apabila menggunakan lampu yang memiliki kapasitas daya yang lebih besar. Berikut ini contoh gambar rangkaian VU meter yang sangat sederhana sekali dan mudah untuk dibuat.


Selain menggunakan rangkaian dioda dan kapasitor ada pula rangkaian yang menggunakan IC LM 3915, sehingga mungkin lebih sederhana dalam membuat rangkaian VU-Meter.

Semoga bermanfaat dan dapat dicoba.......



7 comments:

  1. mas boleh minta daftar kmponen sketsa utuk Vu meter dengan IC LM 3915, soalnya gambarnbya saya download kurang jelas, mau saya gunakan untuk ngeliat arus power bank buatan saya mas, trimakasih

    sriekopurbowinoto@gmail.com

    ReplyDelete
  2. gan boleh minta daftar komponennya juga? kirim ke email saya yah, budi.snipermagnum@gmail.com

    ReplyDelete
  3. boleh minta daftar komponennya untuk indikator power bank mas?

    wieamadhut98@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Kang aku juga mau dikirimin daftar komponennya dong

    ReplyDelete
  5. Gan. Minta daftar komponenya ya

    ReplyDelete
  6. minta daftar komponen dua2 nya gan...

    ReplyDelete