Tuesday 10 September 2013

Luxmeter Digital Seven Segmen Menggunakan Mikrokontroler AVR ATMega 8535

Sebuah alat ukur sederhana dapat dibuat menggunakan fitur dari mikrokontroler AVR yang sudah dilengkapi oleh ADC internal 10 bit. Salah satu aplikasi menggunakan ADC mikrokontroler AVR yang sangat mudah adalah luxmeter digital. Prinsipnya sederhana yaitu menggunakan sensor cahaya LDR sebagai pengatur tegangan pada ADC  mikrokontroler melalui intensitas cahaya yang diterima oleh sensor tersebut. Pada dasarnya LDR merupakan sebuah resistor dengan nilai hambatan yang dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan intensitas yang diterima sensor tersebut. Sehingga dengan membuat rangkaian pembagi tegangan antara resistor tetap dan sensor LDR tersebut maka dapat dihasilkan tegangan analog yang nilainya akan berubah terhadap cahaya yang diterima sensor.



Alat Luxmeter Digital Sederhana

Untuk sensor LDR untuk mengoptimalkan kinerja terhadap intensitas cahaya yang masuk dari berbagai arah biasanya dibungkus oleh suatu penutup berbentuk setengah bola berwarna putih yang didalamnya diletakkan sensor LDR tersebut. Jika sulit menemukan dapat menggunakan bola ping-pong atau tempat cat air untuk melukis yang dipotong dan dimodifikasi.

Tempat cat air tampak bawah

Tempat cat air tampak atas

Sensor LDR yang telah dibungkus oleh setengah bola.

Untuk display disini akan digunakan 4 buah led seven segmen, meskipun menggunakan display LCD akan jauh lebih mudah akan tetapi jika menggunakan led seven segmen hasilnya juga akan lebih menarik karena saat menyala terlihat sangat jelas. Pada seven segmen data tiap seven segmen yaitu satuan, puluhan, ratusan dan ribuan, akan dilakukan teknik scanning cepat dalam menampilkan ke empat display seven segmen tersebut yang semuanya dapat diatur dalam mikrokontroler AVR tersebut untuk data byte tiap seven segmen.


Pengujian dan kalibrasi menggunakan luxmeter standar

Setelah display selesai dibuat maka perlu dilakukan kalibrasi yaitu menggunakan luxmeter stsndar yang sudah terkalibrasi juga. Proses kalibrasi ini sangatlah penting mengingat LDR merupakan resistor variabel sehingga sedikit sulit untuk mendapatkan nilai yang linier. Untuk itu bila perlu dapat juga menambahkan suatu rumus atau konstanta tertentu (jika menggunakan bahasa C akan lebih mudah) sehingga nantinya dapat diperoleh hasil yang mendekati standar dari alat ukur luxmeter digital yang sebemarnya. Untuk cara kalibrasi sensor dapat digunakan suatu kotak hitam dan lampu dimmer sebagai sumber cahaya, dengan menempatkan dua buah sensor dari alat yang dibuat dan alat ukur standar dalam suatu kotak hitam tertutup rapat maka proses kalibrasi akan jauh lebih akurat.

Untuk lebih jelas dapat pula dibaca artikel sebelumnya tentang LDR sebagai sensor cahaya.

Semoga bermanfaat.








4 comments:

  1. mas, bisa dijelasin ga alat bahan, n rangkaian alatnya?! coz sy mw coba bikin alat pengukur cahaya.

    ReplyDelete
  2. mas,
    luxmeter dipasaran yang dijual kan displaynya pake LCD, gimana caranya ngambil nilai outputnya?
    soalnya saya cuma ngerti seven segment

    Thanks mas
    :)

    ReplyDelete
  3. mas bsa posting rangkaiannya nggak, sy mau buat alat lux meter jg

    ReplyDelete
  4. Apakah bisa share rumus penambahan konstanta nya?

    ReplyDelete