Thursday 14 March 2013

Latihan Dasar PLC Input dan Output

PLC merupakan salah satu perangkat yang paling berperan penting dalam dunia industri dan sudah menjadi standar dalam menjalankan perangkat-perangkat ataupun kontrol instrumen dalam industri. Selain mudah dalam instalasi, PLC juga terkenal lebih stabil karena PLC merupakan perangkat kontrol yang sudah terintegrasi berupa suatu modul I/O (input dan output). Pada PLC tiap seri memiliki jumlah I/O yang berbeda pula tergantung dengan kebutuhan.
 
Pada kali ini akan dibahas mengenai konsep dasar dalam pengoperasian sebuah PLC menggunakan software cx-programmer. Sebuah program untuk menjalankan PLC dapat dibuat menggunakan cx-programmer dengan bantuan diagram ladder atau diagram tangga. Sehingga agar dapat menggunakan cx-programmer harus menguasai terlebih dahulu tentang diagram ladder. Bagi yang belum mengerti dapat dibaca terlebih dahulu artikel sebelumnya tentang pengenalan PLC.

Software cx-programmer untuk menjalankan hasil dari program yang telah dibuat harus terkoneksi dengan modul perangkat PLC setelah dilakukan compile program, karena program harus diisikan terlebih dahulu ke dalam PLC (transfer to PLC) sehingga alur program yang telah dibuat akan ditandai dengan suatu jalur yang berwarna hijau jika program diagram ladder dijalankan dengan terkoneksi PLC (pada mode PLC on-line) Namun jika tidak memiliki perangkat modul PLC yang akan dipakai dapat pula dilakukan melalui simulasi dengan cx-designer. Mungkin bagi yang belum mengenal lebih dalam tentang cx-programmer akan bingung, karena sebenarnya cx-programmer merupakan bagian dari suatu software yang dinamakan cx-one. Jadi cx-programmer merupakan bagian kecil dari cx-one yang didalamnya masih tersimpan fitur-fitur pendukung lain seperti cx-designer, cx-simulator, cx-motion, cx-proces tool dan sebagainya. Akan tetapi cx-programmer dapat di-instal terpisah dari cx-one jika tidak memerlukan suatu simulasi program diagram ladder, untuk lebih jelas dapat dilihat gambar dibawah ini.


Pada cx-programmer dapat terlihat tool dan icon shortcut yang dapat memudahkan dalam penggunaan software tersebut. Sehingga saat pengoperasian suatu program akan sangat membantu dan mempercepat jalannya program dengan memanfaatkan tool dan icon yang tersedia dalam lembar kerja.




Untuk memulai latihan buatlah suatu project baru dengan cx-programmer. Pada pilihan modul PLC gunakan tipe CJ1M sehingga nantinya dapat kita lihat hasilnya melalui simulasi yang terintegrasi dengan cx-designer. Perhatikan gambar pada lembar kerja bagian kiri dan pastikan muncul beberapa label seperti gambar berikut:


Kemudian buatlah diagram ladder masukan dan keluaran seperti pada gambar berikut:


Setelah diagram ladder selesai dibuat, coba cek dengan complile program untuk mengetahui apakah ada kesalahan atau tidak. Jika tidak ada lagi kesalahan atau error maka bila ingin mencoba simulasi hasil program diagram ladder, lanjutkan dengan melakukan penyetelan pada PLC agar dapat terintegrasi dengan cx-designer. Pastikan bahwa anda telah membuat file baru pada cx-designer dan disimpan dalam suatu tempat, karena anda akan melakukan koneksi antara cx-programmer dan cx-designer. Pada daftar project pilihlah I/O Table and Unit Setup, klik maka akan muncul tabel I/O untuk PLC. Lanjutkan dengan memilih main rack kemudian klik 00 [0000] Empty Slot. Pilih tipe PLC yang sesuai atau dapat pula gunakan tipe CJ1W-1A201(AC Input Unit) dan perhatikan keterangan dibawahnya.

Gambar main rack pada tabel I/O PLC

Daftar PLC basic I/O

Jika semua penyetelan telah dilakukan maka silahkan lakukan simulasi dengan menekan tombol icon shortcut Start PLC-PT Integrated Simulation atau dapat pilih menu simulation. Setelah proses berjalan maka jalur hijau akan muncul pada diagram ladder yang menunjukkan jalannya alur program seperti gambar berikut.

Alur simulasi program

Untuk melihat hasil keluaran maka klik pada icon masukan sehingga akan muncul daftar yang digunakan untuk memberikan logika '1' atau '0'. Isilah daftar value dengan angka '1' kemudian tekanset.

Pemberian nilai logika pada masukan

Maka hasil akhir akan terlihat jalur warna hijau akan tersambung sampai ke keluaran yang berarti hasil keluaran telah sesuai dengan alur diagram ladder yang dibuat yaitu keluaran akan berlogika '1' jika masukan berlogika '1'.

Hasil program input dan output

Untuk mencoba source code latihan input dan output PLC dengan cx-programmer dapat didownload disini.

No comments:

Post a Comment