Thursday 14 March 2013

Latihan Dasar PLC Gerbang Logika AND dan Gerbang Logika OR

Pada PLC dapat kita buat suatu logika gerbang dasar seperti gerbang logika AND dan gerbang logika OR. Prinsip dasar PLC sebenarnya adalah sebuah relay yang memanfaatkan Normally Open (NO) dan Normally Closed (NC). Oleh karena itu dalam pembuatan program PLC harus mengerti kapan kita menggunakan Normally Open dan kapan menggunakan Normally Closed dalam memberikan masukan pada suatu program. Sebelumnya telah dibahas tentang latihan untuk membuat program input dan output pada PLC. Maka kali ini akan sedikit dikembangkan lebih lanjut yaitu dengan memanfaatkan diagram ladder untuk membuat suatu gerbang logika dasar AND dan OR. 

1. Gerbang Logika AND
Untuk membuat gerbang logika AND akan menggunakan kontak masukan dengan Normally Open (NO) yang disusun pada model diagram ladder secara seri. Oleh karena itu silahkan buka software cx-programmer dan buatlah program baru serta lakukan penyetelan untuk simulasi agar terkoneksi dengan cx-designer. Kemudian buatlah suatu diagram ladder gerbang logika AND dengan 4 buah masukan dan sebuah keluaran untuk membuktikan bahwa keluaran akan aktif berlogika '1' jika semua masukan berlogika '1' seperti gerbang AND pada umumnya. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:

Gerbang AND dengan 4 masukan.


Setelah diagram ladder selesai lakukan simulasi dengan cx-designer sehingga jalur warna hijau akan muncul. Kemudian masukkan masing masing nilai, misalnya logika '1' pada masukan 1 dan 2 seperi gambar dibawah.

Pemberian logika '1' pada masukan 1 dan 3.

Pada gambar terlihat bahwa jalur hijau belum sampai ke arah keluaran yang menandakan keluaran belum aktif. Coba berilah logika '1' pada masukan 2 dan 4, maka akan tampak bahwa jalur hijau akan sampai ke arah keluaran yang menandakan sudah aktif.

Hasil diagram ladder gerbang logika AND dengan 4 masukan.

Source code untuk latihan cx-programmer gerbang logika AND diatas dapat didownload disini.

2. Gerbang Logika OR
Untuk membuat gerbang logika OR juga akan menggunakan kontak masukan dengan Normally Open (NO) yang disusun pada model diagram ladder secara paralel. Buatlah program baru serta lakukan penyetelan untuk simulasi agar terkoneksi dengan cx-designer. Kemudian buatlah suatu diagram ladder gerbang logika OR dengan 4 buah masukan dan sebuah keluaran untuk membuktikan bahwa keluaran akan aktif berlogika '1' jika salah satu masukan berlogika '1' seperti gerbang OR pada umumnya. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:


Setelah diagram ladder selesai lakukan simulasi dengan cx-designer sehingga jalur warna hijau akan muncul. Pada gambar dibawah ini akan terlihat bahwa jalur hijau muncul pada ujung masing-masing masukan tetapi tidak sampai melewati masukan karena semua masukan pada awalnya masih berlogika '0' dan dalam kondisi terbuka dan tidak terhubung karena memakai kontak Normally Open (NO) pada masukan sehingga tidak ada jalur hijau yang melewati masukan tersebut. Mungkin akan berbeda jika seumpama menggunakan kontak Normally Closed (NC) sebagai masukan.

 Menjalankan simulasi pada diagram ladder gerbang OR

Kemudian masukkan salah satu nilai pada masukan, misalnya logika '1' pada masukan 1 seperi gambar dibawah. Maka pemberian nilai logika '1' pada salah satu masukan akan membuat keluaran juga aktif dan berlogika '1' yang ditandai dengan jalur hijau yang melewati keluaran akibat masukan 1 terhubung karena logika '1'. Hal tersebut terbukti bahwa gerbang logika dengan diagram ladder tersebut adalah gerbang logika OR.

 Hasil diagram ladder gerbang logika OR dengan 4 masukan.

Source code untuk latihan cx-programmer gerbang logika OR diatas dapat didownload disini.

No comments:

Post a Comment